Life

masa orientasi yang menyenangkan – part 1

By
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

 

 

inget gak sih postingan aku yang Pekerjaan Baru.   tentang dimana aku bercerita bahwasanya aku memilih untuk keluar dari pekerjaanku dan lebih banyak di rumah pluss hanya mengajar dan mungkin juga aku berkegiatan ditempat lain. tetapi ternyata hal itu hanya bertahan setahun. why? singkat ceritaa, tepat tanggal 1 februari 2018 aku memulai kembali sebagai pegawai dan bekerja. oiyah aku akan menuliskan di postingan selanjutnya mengapa aku memutuskan untuk bekerja dan proses serta tips and trick untuk pembaca semua agar bisa diterima di kementerian/badan pemerintah menurut pengalamanku. ini pure tips dari awal pemilihan badan hingga diterimanya ya.

kalau sekarang sih aku akan bercerita tentang masa-masa orientasi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) yang sangat menyenangkan. oiya sebelum meneruskan ceritanya, aku harus memberitahu terlebih dahulu kepada kalian agar tidak roaming. aku tertanggal 1 Januari 2018 sudah menjadi seorang CPNS atau disebut ASN (Aparatus Sipil Negara) disalah satu lembaga (bukan kementerian) yakni Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Tau kan BPPT? Enggak tau? SAMA! hahahahahaha.. jujur aku sendiri awalnya masih mengira bahwa BPPT ini itu LEMBAGA RISET, SAMPAI HARI PERTAMA ORIENTASI masih berpikir bahwasanya BPPT = RISET bukan pengkajian dan penerapan teknologi seperti namanya. ASTAGFIRULLAH banget gaksih gue?

ok back to cerita. Jadi setelah adanya pengumuman bahwa aku ini diterima sebagai CPNS di BPPT, dibuatlah sebuah group yang isinya CPNS BPPT lalu disananya bertukar informasi dan lain sebagainya. singkat cerita.. akhirnya diberikanlah sebuah informasi mengenai masa-masa orientasi. Orientasi CPNS ini diselenggarakan tanggal 1-9 Februari 2018.  Sewaktu mengetahui pengumumannya tersebut, langsung deh kan pada heboh itu semua penghuni group WhatsApp dengan berbagai drama yang belum resign lah, tempat menginap hingga barang-barang yang harus disiapkan. sumpah yahh dalam pikiran gue adalah “ini orang kenapa pada rempong-rempong semua sih. wong sudah jelas itu yang dituliskan. kapan nginepnya, harus bawa apa saja, masuk jam berapa dan lain sebagainya”. masih saja pada rempong nanya hal-hal yang aneh. hahahahaha… *ini dulu yah wankawan waktu kita semua belum berjumpa.

ini btw yang harus disiapkan dan dibawa.. simple kan (eh btw keliatan gak ya?) gak yah? initinya cuma alat tulis, pakai baju putih, bawahan hitam, pantofelan, dan dihari terakhir bawa perlengkapan menginap yang super simple pake banget

 

hingga pada saatnya tibaa. dihari pertama..

Tanggal 01 Februari 2018..

jadi dipengumuman tersebut, diberitahukan bahwasanyaa… kita semua harus hadir jam 6.30 di gedung BPPT dan absen jam 07.00. emang dasarnya aku ini ble’e kali ya atau sudah sok-sok mengetahui adanya absen mulai jam 07.00, jadiiii akupun datang jam 7 pagi LEWAT. HAHAHAHAHAHA.. HARI PERTAMA ORIENTASI SAJA SUDAH TELAT. BAYANGIN YA TELAT. Jam 06.45 masih di RSP Pertamina. trus sampai jam 07.10 kalau gak salah. Alhasil lari-lari ke atas. dan waktu itu ng Whatsapp Manda. (oiyah manda ini adalah orang yang petama aku kenal di BPPT. kenalan waktu test kedua yang TKB yang super abstrak itu), si manda bilang “masih antri untuk masuk), trus taunya dia juga blm masuk. hahahaha.. padahal dia datengnya pagi, tapi malah dibelakang-belakang. yaudah waktu sampai di lantai 5 ketemu deh sama manda ini. keh keh keh keh.. masuknya barengan padahal datengnya beda. yasudah alhasil aku dapat dibelakang. hari pertama aja sudah duduk dibelakang. gimanee tuh. gimana mau jadi ASN teladan yekaann..

hari pertama ini masih kenalan-kenalan biasa doang. perkenalan BPPT itu apalah, kegiatannya ngapain saja lah, kedeputian, unit kerja, lokasi kerja, hingga mars BPPT. oiyah ini yaa penting banget. KAMI SEMUA HARUS HAFAL MARS BPPT. ini untuk dinyanyikan sewaktu pembukaan resmi oleh Kepala BPPT. dan ini menjadi ajang kenalan awal. di sini teman pertamaku adalah Manda, lalu sebelahku itu Ana (ternyata dia juga telat). makan siang bareng manda dan ana, di sana pun aku kenalan dengan temennya ana yaitu yessi dan esti. bahkan blm kenalan sama yang duduk disejejeran. yang ada malah berkompetisi. hahahaha.. jadi ceritanya itu ada games menyebutkan nama pahlawan. kelompoknya itu sebaris-sebaris. nah ternyata aku tuh sebaris dengan ana, aku, manda, dan dua orang sebelah manda. tetapii, dua orang sebelah manda ini malah gamau gabung, mereka gabungnya sama dua yang dibelakang. yaudah kami bertiga aja kan ya. dan ternyata menang. hahahaha. mereka gakjadi menang. hahahahaha.. dan setelah mau pulang barulah tau nama mereka. yaitu priska (yang menciptakan yel-yel), chairunnisa (yang menjadi wakil ketua angkatan), hafah (master of julid), dan azimah. oiyah si manda itu juga gak kalah julid lho ya dia, bahkan dia itu feednya kek awkarin, jadi aku menyebutnya awmanda.

nah ada dimana aku tiba-tiba dipanggil oleh panitia kebelakang. aku dan seorang peserta pria. aku awalnya kaget kan, dikirain salah apa gitu, karena hari pertama saja sudah telat. eeh taunyaa menjadi perwakilan peserta untuk mendapatkan nametag yang disematkan oleh kepala BPPT. dan lumayaaaan kan bisa masuk website. makin-makin deh eksis. HAHAHAHAH. gak deng becandaa.. sebenerny MALU. kenapa? karena aku merasa gak oke banget dibandingkan dengan peserta lainnya. setelah selesai acara, tepat jam 16.00 kami pulang.

oiyah di sini sudah dipilih lah ketua dan wakil angkatan, yaitu Arya dan Chairunissa (ini dia penampakan mereka berdua). mereka ini dikenal duluan sebelum kami semua pada ketemu. karena mereka sangat super aktif di GROUP CPNS BPPT yang orang-orangnya aja belum pada ketemu. congrats untuk arya dan chairunissa. hihihi..

 

Tanggal 02 Februari 2018

orientasi hari kedua ini sebenernya sama ajaa seperti kemarin. materi tentang BPPT, yel-yel, nyanyi mars BPPT dan pengumuman-pengumuman. dan ditambah pembagian kelompok untuk outbond. dan aku dapat di kelompok 1. dan seperti biasa aku tidak terlalu banyak kenalan dengan yang lain. tapi teman berikutnya yang aku kenal adalah tito (sebelah aku, yang menjadi komandan geng lenggang jkt), cakra, haryo, yosua dan syaiful. lalu dibelakangku itu bondan, dio, rifky, dan aku lupa lagi urutannya siapa saja. di depanku itu ada shinta (akhirnya ketemu dengan teman yang umurnya deketan. hahahaha), sebelahnya dihan, trus ada chairunissa juga, sebelahnya lagi lupa siapa waktu itu dan yang aku inget ada afdal. dan itulah teman baru. lalu bedanya lagi dengan hari pertama. materi itu hanya sampe jam makan siang. setelah makan siang dan jumatan, kami semua ada sesi latihan. oiyah. dari hari pertama itu, kami sudah diberitahu, untuk penutupan orientasi ini akan ada persembahan dari cpns, seperti penta seni. dan tahun ini temanya LENONG. hahahaahahaha… baru nulis lenong aja udah kebayang lucu, kebayang lenong rumpi kaaan. nah hari sebelumnya juga sudah dikasih edaran untuk menulis “nari, suara, musik” aku sendiri memilih nari. ok singkat cerita pada akhirnya pilihan tersebut adalah yg menentukan kita akan berperan sebagai apa. terutama sih “nari”, mereka fix menjadi penari di acara tersebut. sisanya banyak perannya. nah setelah jumatan inilah, para pelatih lenong dari sanggar betawi di taman mini ini melatih kami semuanyaa. dari awal aja mereka sudah ngebanyol kan. kebayang lenong kan? lenong betawi, kek lenong rumpi, lenong bocah. nah inii diaaa yg dia lakuin didepan. gimane kite pada gak ketawa ya kan.. nih contohnya. duh tp keknya gak berurutan. tapi cobain aja yaa ditonton. pasti ngakak.

 

 

singkat cerita lagi, aku ikutan geng menari.. dan geng menari ini bukan hanya wanita, tapi lelaku juga menari. hahahaha. awalnya kocak banget, kek gini nih mereka menarinya.. super kaku. tapi awalnya ya ini kaku. ntar coba liat akhirnya yaa.

untuk yang cewenya? besok yaa. diposting. salah satunya aku. hahahahaha..

ini latihan sampai jam setengah 7. seru bangetngetnget latihannya. di sini lah juga menjadi ajang pengenalam dengan teman-teman yang lain. scara beneran aku tuh malu banget waktu pertama ketemu. pendiem, gak banyak kenalan sama yang lain. cuma manda dan ana. temennya ana yessi dan esti aja gak banyak aku ajak ngobrol. emang dari awal juga maunya diem. nah, tetapi gegara latihan menari ini, jadi mau gak mau juga kenalan dengan orang banyak. walaupun juga masih banyak diemnnya ya. gak terlalu pecicilan dan tentunya gak cari perhatian biat diliat orang. hahahaha. males yaa. udah tua ngapain caper. mending diem-diem aja. hihihi..

duh ceritanya kok berantakan yaa. habis saking bingungnya mau cerita mulai dari mana dan yang mana karena emang hari kedua ini super seru banget sih.

untuk hari ketiga san seterusnya di part-2 ya. karena udah agak beda sih. lebih greget. hahahahahaha.. dan disana lah aku akan bercerita tentang tips and trick foto candid tapi gak candid =)))

..

ini bonus spoiler mars bppt yang sampe sekarang masih terngiang nada dan iramanya. hati-hati kedoktrin dan bisa apal =))

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

You may also like