Karavan Koffie – Kedai Kopi Keliling asli Jawa Barat

Beberapa minggu yang lalu kami main-main ke Bandung, sebenernya sih mau nganter ibu kami ke Daarut Tauhid nya aagym, tapi sekalian jalan-jalan dan ketemuan dengan tim caravan kafe.

Karavan Koffie  ini salah satu bentuk usaha mikronya dari Kadatuan Koffie. oke, saya akan memperkenalkan sedikit tentang Kadatuan Koffie. Kadatuan Koffie adalah sebuah unit usaha di bidang Kopi, jadi sekelompok pemuda di Bandung yang memiliki latar belakang kuliah di jurusan pertanian, ingin mengembangkan dan memperkenalkan kopi asli jawa barat. Bahwasaanya kopi jawa barat itu gak kalah dengan kopi-kopi daerah lain. Jadi kadatuan ini seperti memproduksi kopi Jawa Barat dari perkebunan yang mereka sendiri.

Lanjut ke Karavan Koffie . jadi seperti yang dijelaskan diatas tentang Kadatuan Koffie, Karavan Koffie ini merupakan salah satu usaha mikronya Kadatuan, dengan awal berpikir “gimana cara menjual biji kopi hasil dari perkebunan kopi nya kadatuan, tapi juga membantu orang untuk berusaha”, dan jadilah ide membuat kedai kopi Karavan. Awalnya pun mencari konsep yang berbeda dengan kedai kopi kebanyakan yang sudah ada di Kota Bandung. Lalu tercetuslah sebuah ide, Kedai kopi yang ingin diusung yaitu adalah sederhana, simple, terjangkau juga dan tentunya tetap gaul dan kece. dan jadilah konsep Karavan Koffie yang seperti gerobak. Awalnya hanya ada di halaman kantor Kadatuan, dan akhirnya berkembang menjadi “gerobak kopi keliling”. Uniik banget karena secara bentuk lucu, lalu juga flexible bisa dibawa/keliling kemana-mana, seperti gerobak bersepeda (tetapi tenang saja ini gak pake tenaga manusia banget kok karena diberikan tenaga listrik juga jadi sekali gowes bisa langsung jauh), jadi yang gowesinnya gak usah capek-capek banget, scaraa kan yaa Bandung konturnya turun naik gituu. kira-kira seperti ini lah bentuk gerobak karavan cafe nya,

Karavan Cafe (Penampakan Gerobak Karavan)

 

lucu yaaa. bayangkan dalam gerobak bisa disulap menjadi bar nya barista dan alat-alat nya lengkap dari biji sampe alat-alat brewing dan alat espresso dan tentunya semua manual lho yaa ini, mengingat keterbatasan listrik yang ada di Karavan Koffie ini dan konsep simple nya mereka. Tetapi ada juga alat espresso yang mesin dan ini alat yang kecil yang single yang hanya bisa menyeduh untuk sedikit saja.  Untuk kopinya sendiri, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kopi yang mereka tawarkan mayoritas adalah kopi Jawa Barat hasil dari perkebunan kadatuan sendiri (baik yang origin maupun yang houseblend),

 

 

untuk menu kopi, Karavan Koffie menawarkan kopi-kopinya  dengan serve manual brewing. manual brewnya itu juga macem-macem kok, ada yang ala tubruk yaitu langsung kopinya dicampur air diaduk-aduk, ada yang ala frenchpress coffee, v60, vietnam drip dan rockpresso (bayangin yaa pake rockpresso – pegel dan sakit deh tuh pasti kaan neken kopinya biar cremanya keluar. hehehehe..), jadi yang suka kopi item/origin, bisa menikmatinya dengan berbagai jenis manual brew yang sensasinya pasti beda-beda kan. Jangan kuartir juga, walaupun banyak manual brewnya tetapi Karavan Koffie juga menawarkan olahan espresso+susu kok seperti Cafe Late dan Capuccino (oiyah mereka kan memang menggunakan produk dalam negeri untuk kopinya, dan susunya jugaa lho hasil produksi Jawa Barat – Cimory – (bener-bener ingin mengembangkan produksi asli Jawa Barat).

dengan melihat menu kopi-kopinya ,takperlu khawatir yaaa karena bukan hanya kopi hitam saja, tetapi kopi olahan dengansusu jugaa dapat disajikan. tapi yaaa saran saya sih mendingan coba kopinya dengan manual brew, kopi item sih, tapi bisa saya jamin kalau udah nyoba pasti ketagihan. tak usah takut kepahitan (ya namanya juga kopi pasti pahit), tapi dengan manual brew bakal ngerasain sensasi rasa kopi tuh macem-macem banget, ada yang agak asem, manis, pekat, danlain-lain. dan kalau minum kopi ala manual gini emang gak bisa buru-buru kayak minum olahan espresso ya, pelan-pelan terus berasa deh nikmatnya kopi asli. di jamin ketagihaan, lagi pula kopi asli ini lebih menyehatkan. apalagi kalau kopinya arabica yaa (pasti lebih nyaman di hati) hehehehe..

Rockpresso
vietnamdrip
french press dan teko angsa

 

Selain menu kopi-kopian, di karavan koffie ini juga menawarkan minuman lain seperti teh dan olahannya serta olahan kopi lainnya. eiiyah kemarin waktu mereka cerita-cerita gitu, ada satu menu yang cukup laris tapi pesenannya malah lebih banyak ibu-ibu yaitu green coffee. memang sih gak serve di sana, lebih banyak yang beli langsung gram-gram an dan dikonsumsi di rumah masing-masing, kalau nyium baunya sih seperti lebih pahit dari kopi hitam yaa,  sayangnya saya kemarin tidak bisa mencoba karena puasa (penasaran banget sama rasanya ini lho). Ternyata usut punya usut, green coffee ini lagi naik daun dikonsumsi ibu-ibu karena salah satu minuman untuk diet. nah untuk mama-mama muda atau mama-mama yang sudah pengalaman dan ingin kurusss bisa lho coba greencoffee ini untuk diet.

ngomong-ngomong masalah minum kopi, saat ini minum kopi atau sekedar ke kedai kopi (coffee shop) sudah menjadi gaya hidup apalagi di Kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung. di Bandung sejak tahun 2014 hingga sekarang menjamur banget kedai kopi dari yang sederhana hingga yang mewah banget dan itu pasti rame apalagi kalau kopinya enak dan tempatnya bagus ya. minum kopi sekarang bukan hanya kebiasaan orang-orang sumatera atau melayu saja, yang dimana kalau kita main-main ke sumatera, ngopi itu udah jadi semacam tradisi atau kebiasaan yang tidak bisa dihilangkan. setiap warung kecil pasti ada kopi, dijalan pun yang misalnya gerobak atau rukonya jual makanan pasti ada menu kopi. sekarang gaya hidup minum kopi sudah menjalar kemana-mana dan pastinya kan trend ini ditangkap oleh pebisnis-pebisnis salah satunya Kadatuan yang membuat Karavan Koffie. Dengan menjamurnya kedai kopi dimana-mana, dan menawarkan konsep unik selasar dengan harga di kedai tersebut yang juga mahalkan, tapi tidak dengan Karavan Koffie, dengan keuntungan bahwa kopinya dari kebun sendiri dan konsep uniknya, Karavan Koffiie menjual kopi dengan harga yang sangat-sangat bersahabat dengan kantong. dan menurutku memang gini lah sseharusnya harga kopi.

coba ya kita telisik sedikit hal sederhana kenapa di sumatera itu harga kopi murah-murah. pertama, sumatera memproduksi kopi sendiri (dari aceh sampe lampung itu punya kopi sendiri baik arabica maupun robusta), kedua karena produksi sendiri otomatis mereka tidak lagi harus membeli kopi darimana-mana lagi, kemudia minum kopi tuh pada dasarnya minum kopi item, merasakan nikmatnya kopi dengan serumput-serumput dikit, glek, rasain sensasinya, trus ngbrol sama teman-teman, yaa boleh laa ditemanin gorengan. setiap warung menjual kopi. nah hal tersebut lah yang membuat untuk menikmati kopi tuh memang tidak mahal. karena ciri khas kopi Indonesia itu ya kopi asli, kopi itemnya bukan olahan espresso.

itu lah yang menurutku diterapkan oleh Karavan Koffie, dengan kopi sendiri asli Jawa Barat, untuk menikmati sensasi kopi kenapa harus mahal jika bisa murah, dan orang-orang bisa merasakan dengan happy. hehehe..

pricelist Karavan Koffie

 

untuk menemukan Karavan Koffie ini, Warga Bandung atau Pelancong dapat menemukan mereka di  Jl. Karawitan No.48, Turangga, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat  , dari luar langsung ketauan kok itu ada Karavan Cafe, kira-kira begini lah signage nyaa.

 

signage Karavan Koffie
Signage

selain itu, Karavan ini juga suka nongol loh di Car Free Day Kota Bandung, setiap minggunya , jadi kalau misalnya kebetulan lagi dateng ke CFD sekalian mampir ya ke Karavan Koffie ini liat yang kuning-kuning dan signage nya Karavan Koffie. dan juga suka hadir dan menjadi peserta disetiap pameran kopi Jawa Barat. oiyah selain itu juga sudah ada cabang gerobak di Antapani. Jadi Karavan Koffie juga membuka kesempatan untuk para pebisnis baru jika ada yang mau bisnis kopi, modalnya juga tidak banyak sekali (yaa tau kan kalau buka kedai kopi dengan alat-alat itu kira-kira berapa mahalnyaa dan uang yang harus disiapkan), nah Kadatuan ini menawarkan Karavan Koffie nya, udah dapet gerobak lengkap dengan kopi dan alat-alat hingga pelatihan untuk barsitanyaa segala lho. seperti ini lah penampakan kelengkapan karavan koffie nya.

Karavan Cafe (Penampakan Gerobak Karavan)

demi memperkenalkan bahwa kopi jawa barat juga tidak kalah enak dengan kopi dari daerah lainnya, Kadautan/Karavan Koffie ini punya semboyan atau hashtag lah istilah anak mudanyaa  yaitu Ayo Dukung! #sukakopijawabarat ”

#sukakopijawabarat

unik yaa Karavan Koffie ini, menarik banget, dan ternyata untuk minum kopi dan untuk berusaha kopi tidak harus mahal lho seperti yang dilakukan Karavan Koffie, yuk dukung kopi Jawa Barat agar menduniaa, apalagi warga Bandung dan Jawa Barat hayukk lestarikan budaya minum kopi asli dari tanah sunda.

ada hal yang menarik juga dari obrolan dan kunjungan waktu itu, cara tim Kadatuan ini dalam melakukan proses produksi kopinya, dari awal hingga pembungkusan karena juga memberdayakan petani lokal. seru banget pasti nanti jalan-jalan ke kebun mereka, tidak jauh kok masih terjangkau lah kalau dari Bandung, sekitaran Bandung agak ke selatan dikit. dan gak sabar untuk menjelajah kebun Kadatuan.

sooooo tunggu apalagi, hayuk warga Bandung dan pelancong2 yang ke Bandung cicipi kopi asli Jawa Barat ini. untuk yang diluar Bandung dan mau ngerasain di rumah bisa juga beli bijinyaa..

Instagram : Karavan Koffie, Kadatuan Koffie

Facebook : Karavan Koffie, Kadatuan Koffie

Photo by : EMER Photography

video Caravan : Video 1, Video 2

 

 

Wife of A. Satria Triwardana. Lecturer. Love Coffee, Photography and Travelling.

1 comments On Karavan Koffie – Kedai Kopi Keliling asli Jawa Barat

  • Setelahnya bisa ditebak. Penjualan kopi green bean pun melesat secepat roket.
    Terlepas dari pilihan masing-masing orang apakah mau memercayai gagasan Dr. oz atau tidak, namun konsumsi green bean ini semakin meningkat saja dari waktu ke waktu. Belum lama ini seorang roaster juga pernah bertanya kepada saya tentang fenomena ini karena ada seseorang yang membeli kopi green bean darinya justru untuk dipakai diet, bukan untuk disangrai. Karena saya bukan dokter, apalagi dokter Oz, maka salah satu cara terbaik untuk menjawabnya saya pikir adalah dengan membedah gagasan itu dan mencari tahu fakta-fakta kopi green bean selengkapnya. Here we go.
    Kopi green bean pada dasarnya adalah biji—umumnya berwarna hijau—yang berada pada lapisan dalam buah kopi yang berwarna merah ( cherry ). Biji kopi ini merupakan hasil dari proses pengolahan biji kopi yang kemudian akan disangrai sesuai kebutuhannya mulai dari light sampai dark untuk mengeluarkan aroma dan rasa yang disukai penikmat kopi. Untuk membuat ekstrak green bean, biji kopi ini umumnya tidak disangrai, namun direndam dan kemudian dikonsentrasikan lagi untuk membuat ekstraknya. situs
    Exotico Green Coffee akan membuatmu menikmati serunya meminum kopi dengan manfaat melangsingkan tubuh.
    Nikmati rasa biji kopi hijau yang dicampur dengan kopi sangrai yang akan memberikanmu rasa kopi yang sebenarnya dengan manfaat tubuh yang fit dan langsing.
    Dibuat dari kopi Sumatra Robusta asli yang dicampur dengan biji kopi berkualitas tinggi yang sudah di sangrai, inulin untuk kesehatan pencernaan, kacang buncis putih dan L-Karnitin.
    Masukkan 1 sachet Exotico Green Coffee ke dalam gelas, isi gelas dengan 150ml air panas, aduk rata dan hidangkan segera.
    Masukkan 1 sachet Exotico Green Coffee ke gelas, tambahkan 75ml air + es batu, masukkan ke blender. Blender hingga merata dan sajikan.

    Manfaat Minum Exitox Green Coffee Setiap Hari.
    Manfaat Minum Exitox Green Coffee Setiap Hari.
    manfaat minum exitox green coffee.
    Kebanyakan Orang Melakukan Berbagai cara agar tubuh menjadi langsing, tetapi banyak sekali cara yang dilakukan tapi salah malah justru membahayakan tubuh. Melakukan diet pun harus dengan pola diet yang benar, dan cara menurunkan berat badan yang benar tanpa membahayakan tubuh. Jangan resah karena sekarang ada Suplemen Pelangsing yang tidak membahayakan tubuh yaitu Exitox Green Coffee. Produk Exitox terbuat dari ekstrak biji kopi hijau yang 100% alami, ekstrak biji kopi hijau ini sudah terkenal sekali khasiatnya. Exitox Green Coffee aman sekali digunakan karena sudah teruji di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Namun sebelum menggunakannya alangkah baiknya mengetahui Manfaat Minum Exitox Green Coffee Setiap Hari. – http://www.green-coffee-online.com

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer