Coffee Photography

GUTEN MORGEN

By

Dalam ulasan coffeeshop kali ini saya akan membahas Guten Morgen Coffee Lab and Shop (Guten Morgen). Guten Morgen ini termasuk coffeeshop baru (kemarin kalau tidak salah ingat, mas baristanya bilang baru beroperasi sekitar bulan Februari / Maret 2017). Saya sendiri sebenarnya baru sekali kemari dan mungkin bakal kesini lebih sering. (jatuh cinta dengan tempat (interior), suasanya dan menu kopinya)

Jadi ceritanya, Siang hari pada waktu saya kesana, saya lumayan ngotot ke si Megha untuk ditemenin dan diajak ke sanaa, karenaaaa dia udah sering kesana, dan saya tau ada coffeeshop baru yang lucu (instagramable banget untuk coffee dan interiornya) dan katanya enak juga kopinyaa bernama Guten Morgen, lalu setiap janjian mau kesana selalu gagal. jadi waktu bisa pas janjian main bareng, langsung deh cus ke sana. sebelum kesana kita berdua makan dulu di Mie Abang Ade, karenaa ternyata tempatnya sejajaran gituu, jadi taukan tempatnya dimana? yesss tempatnya di daerah Tomang, dekat SMU 23 Jakarta Barat dan sejejeran dengan Mie Abang Ade (yang hiets banget karena cabenya yang buanyak banget).

ini lokasinyaa Guten Morgen

Jl. Mandala Utara No. 29C, RT. 17 / RW. 4, Tomang

Guten Morgen ini buka tiap hari, senin – kamis dari jam 08.00 – 20.00, kalau weekend (jumat – minggu) jam 08.00 – 22.00.. pertama kesini, saya beneran langsung banget sama tempatnya. pas masuk ke sana, langsung mikirrr “kyaaaa lucu banget”, nuansa cokelat – putih, rustic. interiornya lucu, banyak pajangan rustic, tanah liat, bunga-bunga kering dan bunga-bunga ala style korea (apa ya istilahnya, saya lupa). Disini juga dipisahkan antara Indoor dan Outdoor, space outdoor nya gak terlalu besar dan bangkunya juga gak terlalu banyak (kurang lebih ada 2 sisi – kanan dan kiri, masing2 2-4 kursi) dan dapat dipastikan ini untuk para perokok yaa. kalau Indoornya ada meja untuk reramean (ada 2 meja panjang) dan untuk berduaan ataupun sendirian.

Indoor

Menu coffeenya sendiri pun ada espresso, berbagai coffee latte manual brew (kalau gak salah ada toraja, gayo dan apa lagi ya, lupaa) dan ada kopi racikan mereka sendiri yang kemarin kami coba adalah Kaffee Cube dan Salted Caramel Latte – kedua ini favoritenya disana. kalau kaffe cube ini sebenernya kopi susu tapi ya tampilannya cube/es yang dari kopi, trus ada bunganya (kok tiba2 lupa ya bunga apa yang ditaruh, tapi bunga ini bunga yang memang bisa dimakan) dan ada susunya terpisah. jadi untuk meminumnya menuangkan susu kedalam cube kopinya. dan rasanyaaa passs dilidah kuuu, passss. kalau untuk yang salted caramel latte ini, rasanya emejing banget emang, asin iyaa,gurih iya, manis caramel juga iyaa, pahit kopi juga iyaa, tapi susunya juga berasa.. nah lho itu gimana ya rasanyaa. tapi eennaak dan cocok dilidaaahh. kopinya juga kopi blendan merekaa ya tentunyaa. Tetapi ada yang bikinn sedih, ternyata perut sensitif ku ini tidak bisa menerima, sekali lagii ini bukan salah kopinya ya,ini salah perutkuu yang super sensitif, soalnya si Megha setiap kesini pesennya salted caramel latte, dan dia menikmatinya setela minumpun aman tentram damai bersama perutnya, orang-orang yang pesan punn sama, kayaknya hanya perut saya doang deh yang supersensitif (bahkan makan mie goreng biasa aja bisaa bermasalah. wkwkwkw..)

Waktu itu juga ditawarin untuk mencoba marshmallow caramel coffee (apa yah nama persisnya. lupaaa), jadi memang belum ditaruh dimenu karena racikan baru, jadi ada marshmallow dicampur kopi karamel gitu apa jadinya kayak creme brule yaa *lupaaa, mereka bilang sih enak, tapi aku gak nyobaaa (kalau nyoba bisa2 gak tidurrr sampe 2 hari kali, hari itu masa minum 3 kopi blendan (arabika-robusta. oiyah aku gak terlalu kuat buat minum kopi blend yang robustanya banyak. hehe.).

Tadi sih mas Abie (sang baristanya) juga cerita kalau houseblend nya itu racikan mereka sendiri dan kopi-kopinya juga roastingan sendiri dan di Bali tempatnya (padahal kalau berkunjung ke coffeeshop di JKT yang tidak melalukan roasting sendiri, mayoritas ngambilnya dari coffeesmit*, tapi guten ternyata tidak mereka langsung dari bali). Jadi guten morgen juga menjual Biji Kopi, baik Arabika maupun Robusta. mas abie sih bilangnya mereka lebih banyak kandungan robustanya yang houseblend dan biji robustanya juga mayan lariss.

kaffee cube – ada bunga nya itu di kopicube nya

Untuk yang gak suka kopi, disini ada menu cokelat, susu, teh (premium teh) dan moktail, dan tentunya makanan dari sejenis pastrie, cake2 lucu, hingga makanan ringan lainnya dan berat. ada salad, menu bite (kentang sosis dkk) dan yang berat (dari mie, nasi hingga steak), tapi waktu itu kami tidak mesan makanannya (karena udah kenyang makan mie abang adek yang super bikin perut kekenyangan aer). Jadi sepertinya kalau mau nongkrong ngopi ngeteh dan makan cucooks banget ke sini. plus mau foto-foto ala rustic yang kece dan instagramable banget. hihihi..

Disisi belakangnya juga ada seperti kedai/ tempat workshop untuk florist, dan tema bunganya itu ya ala-ala korea dan rustic gitu (belum inget istilahnya apa), jadi emang ini tempat oke banget yaa buat yang mau makan, ngopi, nongkrong, dan kalau ada yang mau mesen bouquet atau dekorasi untuk acara juga bisa. hihihi..

untuk hargaa kopinya mulai dari 20.000 – 45.000-an dan untuk harga lainnya mulai dari 12.000 – 60.000 an

Dan berikut ini hasil foto-foto yang aku dan megha ambil. kami memfoto suasana, interior dan coffeegram kami (saya dan megha).

Oiyah lupa bahas fasilitas pendukung (ceileeh formal amat istilahnya. hehehehe..), tenang untuk yang mau ngerjain tugas atau kerja dan butuh wifi, disini juga tersediaa kok. lalu kamarmandi jugaa (ini bersih dan wangi..), parkir juga ada tapi sayangnya gak luas lahan parkirnyaa, yaa kalau liat ruko-ruko sederetan guten juga gitu, lahan parkir susyaahh. jadi kebayang sih kalau lagi rame banget, parkirnya bisa sampe ke jalan. tapi kalau dipikir-pikir, guten morgen ini kedai kopinya tidak terlalu besar, kira-kira bisa menampung kurang lebih 30orangan kali yah. nah harusnya sih pas ya untuk parkir baik motor dan mobil. kecuali 30 orang itu bawa mobil 1 orang 1, yaaa manaaaa cukuuuppp. hahahaha..

dan menurut ku, ini salah satu coffeeshop yang harus didatangi. soo tunggu apa lagii..

 

kalau ingin mengunjungi IG nya :Guten Morgen Coffee Lab and Shop (Guten Morgen)

ini Mas-mas baristanya : Nandadika dan Abie Achmadakbari – yang waktu itu melayani pas kami datang, ramah-ramah (tapi kata megha ada juga yang lain)

photo by : Me and Megha

 

You may also like