calibrate coffee

Kedai kopi atau Coffee shop yang kali ini saya bahas adalah callibrate coffee, coffeeshop yang baru saja beroperasi beberapa bulan yang lalu dan berlokasi di Jakarta Barat (saya lupaa juga sih tepatnya awal tahun atau akhir tahun kemarin – dulu mas merdian anggi sempat cerita awalnya coffeeshop ini bukanya kapan).
jadi ceritanya kenapa ketemu tempat ini… waktu sebaliknya kerja, saya ingin menuju ke salah satu mall di kawasan puri dan kebetulan kang ojeknya membawa ke jalan pintas lewat pasar puri (padahal gak jalan pintas banget sih), dan tidak sengaja lewat ruko ini. lalu sekilas melihat ada coffeeshop baru disitu. karena tadi hanya sekilas jadi aja saya googling apa nama coffeeshopnya disana. setelah ketemu apa nama coffeeshopnya, beberapa hari kemudian langsung ajak suamiii cusss ke sana dan karena kebetulan tempatnya deket dengan tempat tinggal kami. calibrate coffee ini terletak di ruko-ruko yang di belakang FaveHotel Pasar Puri. Oiyah calibrate coffee ini adanya di lantai 2 ruko tersebut, jadi ya otomatis kita harus naik dulu.

lokasi calibrate coffee

pertama kali ke sini, saya dan suami saya sih suka banget, antara outdoor dan indoor terpisah (ini yang penting) karena membatasi dan memisahkan antara smoker dan nonsmoker. Tempatnya memang tidak terlalu besar tapi menurutku efisien banget, karena pembagian ruang, dan terutama bangkunya oke banget dan rapih. Ada untuk yang suka sendiri atau untuk “me time” dan kerja, ada yang bisa bersofa-sofa ria (ada 2 atau 3 tempat sofa – lupa saya persisnya), ada yang hanya untuk berdua dan ada kacanya (ini tempat favorite ku), ada juga sebelah dalem dikit untuk group atau meeting, dan yang ini untuk yang indoor. Sedangkan kalau untuk yang outdoor ya seperti untuk santai dan nongkrong2 sekalian ngobrol dan merokok. Yang outdoornya pun ada yang untuk rame-rame dan metime gitu (lengkap kan untuk segala jenis type pendatang coffeeshop). Lalu bar nya ditempatkan ditengah dan tidak terlalu besar jua, dan menurutku menarik banget. kita bisa melihat mereka melakukan aksinya ber latteart dan melakukan aksi brewing secara manual, bisa ngobrol dan tanya-tanya, dan yang penting diperbolehkan untuk memfoto aksi mereka juga bisa, karena ditengah jadi menurut saya sih enak banget foto-foto aksi mereka (mereka rama-ramah semuaa lhooo, termasuk ownernya)

pertama ke sini saya pesan “magic” dan suami saya pesan “cappuccino atau latte” ya (lupa saya pastinya). dan sejujurnya saya baru pertama kali mencoba yang namanya magic. biasa kalau ke coffeeshop mesennya picollo, latte, cappuccino untuk menu campuran kopi+susu ini. pas mencoba MAGIC. rasanya enak, ntah emang seperti ini rasanya magic (karena baru pertama minum MAGIC) atau memang baristanya yang meraciknya enak ya. hehehe..

Oiyah ngomong-ngomong soal barista, ini waktu pertama kami ke sana, seperti biasa kami melakukan foto-foto kopi untuk porto kami di instagram. Tiba-tiba disamperin oleh salah satu baristanya, bisa dibilang “korlapnya” di calibrate coffee, namanya Mas Merdian Anggi , trus kami diajak ngobrol-ngobrol gitu sama masnya. Masnya ngira kami ini selebgram yang fokus di coffeegram/ fotokopi gitu (padahal mah bukaan), tapi ngobrol2 asik sih setelah itu. Oiyah dan ternyata pas di kepoin di akun sosial medianya, doi pernah menang kompetisi barista gitu, jadi takusah diragukan lagi kan hasil racikan kopi di Calibrate Coffee ini. hehehe.. oiyah mas Mardian Anggi juga lah yang menyeleksi kopi-kopi yang masuk ke calibrate.

oke back to magic lagi, tapi ternyata setelah meminum magic ini perutku gak kuat untuk menampung kopi MAGIC (langsung mulesss), setiap orang kan kemampuan perutnya beda-beda ya, kayak saya minum piccolo, atau bahkan origin coffe (manual brew) tidak masalah di perut, tapi kok pas magic muless ya. Karena penasaran sama ramuannya magic (karena baru pertama minum itu), lalu saya mencari tau ttg racikan magic ini diinternet, tetapi sedikit banget infonya. tidak seperti picollo, cappuccino, latte lainnya yang pasti mudah banget dicaritau di Internet. Lalu saya pun kemarin nanya juga ke mas Merdian Angginya, eh malah saya pun lupa apa yang diomongin masnyaa tentang Magic (hahahaha.. maaf ya mas saya short memory banget..). Dan waktu datang kedua kalinya bersama teman (megha), saya memesan Picollo, dan picollonya pun ENAK. oiyah untuk cappucino dan latte nya juga enaaakkk lho.

Selain kopi, ada minuman non-kopinya seperti cokelat, teh dllnya, dan makanan dari yang ringan menemani ngopi atau ngeteh hingga makanan berat untuk makan siang. Jadi untuk yang tidak bisa minum kopi bisa juga datang dan nongkrong ke sini, karena semuanyaa enak..
oiyah untuk masalah harga pun cocok lho di kantong (menurut saya dan suami saya ya), soalnya saya dan suami juga melihat-lihat masalah harga, hahahahaha. maklum baru memulai membangun rumah tangga dan harus irit dan perhitungan untuk hal-hal tertentu.hehehehe..

oiyah, disini tuh tempatnya selain cozy, instagramable atau catalogable jugaa (ntah apa yaaa istilahnya), beberapa kali ke sana, pasti selalu ada aja yang sedang photoshoot dan lama bener bahkan makan lapak tempat duduk. hahahahaha.. tapi emang tempatnya bagus untuk foto-foto.

dan ini sedikit hasil foto kami. Foto suasana, coffeegram, dan coffelife nya. hihihi..

Maaf ya kebanyakan foto-fotonya, hehehe.. emang seru sih foto-foto sini. dan emang instagramable banget kan. mau buat porto coffeegram atau buat foto endorsement selebgram. wkwkwk..
Pokoknya rekomen banget buat dateng. enak, seru, nyaman, instgramable, cocok harganya, dan tempat parkirnya pun luas (baik untuk mobil ataupun motor). oiyah satu lagi FREE WIFI juga (ini kan salah satu yang penting saat ini dikehidupan manusia.hahahaha)

Silahkan datang kemari menikmati kopi, suasana dan keseruan foto-fotonya.

photo by : EMER Photography

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *